Mahlkönig Tanzania

Mahlkönig Raja Grinder. Konsistensi dan ukuran partikel adalah dua faktor penting yang mempengaruhi kualitas sebuah alat penggiling kopi di samping kualitas material dan komponennya yang membuatnya bisa dipergunakan dalam jangka sangat panjang. Jika berbicara produsen alat penggiling kopi, nama Mahlkönig tak pelak merupakan salah satu perusahaan yang sudah punya reputasi tinggi dalam menghasilkan mesin giling kopi yang berkualitas.

Perusahaan yang berpusat di Hamburg, Jerman sudah mendedikasikan seluruh kemampuannya dalam memproduksi grinder dalam rentang hampir 1 abad lamanya. Jadi tak heran bila produk-produk Mahlkönig sering menajdi tolok ukur sebuah grinder dengan kualitas prima.

Unboxing. Untuk itu kami melakukan unboxing salah satu produk andalan Mahlkönig, sebuah “shop grinder” bagi Anda yang kebetulan sedang mencari alternatif produk penggiling kopi kelas komersial.

Sesuai namanya, Shop Grinder adalah tipe penggiling kopi yang ditujukan untuk melakukan pekerjaan dalam kapasitas besar yang didukung dengan kekuatan motor dan burr yang lebih besar dibandingkan dengan grinder espresso biasa. Mahlkönig Tanzania masuk dalam kriteria tersebut dan mari kita buka kemasannya.

Grinder termasuk alat yang sangat mengandalkan presisi sehingga kemasannya harus terlindung dengan baik sebagaimana Tanzania yang berbalut styrofoamagar kedudukannya tak bergesar.

Di dalam kemasannya kita bisa melihat unit Tanzania dengan bean hopper yang terpisah dalam bungkus plastik. Selalu terdapat sebuah buku petunjuk yang kami sarankan untuk dibaca walau sebelum mengoperasikan alat ini. Ya memang sedikit membosankan, tapi fitur keselamatan akan memberikan petunjuk apa-apa saja yang harus dihindari agar Tanzania bisa bekerja secara optimal.

Spesifikasi. Satu hal yang menarik dari Tanzania, tak ada satu pun baut yang melekat pada struktur burr-nya. Pada Tanzania, Mahlkönig melakukan inovasi dengan menggunakan sistem magnet yang sangat kuat tentunya agar kedudukan flat burr-nya yang berdiameter 80 mm tak bergeser.

Bean hopper bisa menampung 750 gram biji kopi, sedangkan dimensi keseluruhan 21 x 30 x 60 cm, artinya menjulang cukup tinggi saat diletakan di bar kopi atau ruang roasting sebagaimana peruntukan utama grinder ini. Di bawah adalah spesifikasi lainnya :

  1. Diameter Burr : 80 mm
  2. Berat : 16 kg
  3. RPM : 1.780 RPM
  4. Emisi suara : 77 desibel

Pertama digunakan. Letakan grinder pada permukaan rata dan kokoh dan berdekatan dengan outlet listrik. Pastikan bahwa voltase listrik yang digunakan cukup stabil pada angka di antara 220-240 Volt dan sangat disarankan untuk menggunakan stabiliser bila tegangan di tempat Anda sering turun naik demi menjaga keamanan suplai listrik. Bukan hanya grinder, tapi juga berlaku untuk peralatan kopi lainnya seperti mesin espresso.

Klixon. Tanzania dan produk grinder dari Mahlkönig dilengkapi dengan proteksi khusus untuk melindungi komponen dari asupan daya listrik yang berlebihan (overload protection)Grinder secara otomatis tidak akan bekerja saat terdapat asupan daya yang melebihi kapasitas tegangan yang sudah ditentukan. Bila hal ini terjadi, Anda harus me-reset ulang hanya dengan menekan tombol di bagian paling bawah (Klixon) dan memastikan daya sudah stabil kembali.

Tray. Dipasang di bagian bawah untuk menampung sisa-sisa kopi yang hanya disambungkan oleh dua lubang dan tinggal ditekan hingga kedudukannya tak bergeser.

Kalibrasi. Semua produk Mahlkönig sudah dilakukan kalibrasi pada saat proses quality control di pabrik dan kami tidak menyarankan Anda untuk melakukannya. Konsultasikan dengan bagian layan pelanggan kami bila ingin melakukan kalibrasi ulang.

Bean Hopper. Pasangkan hopper dengan cara sedikit memutar dan terdengar bunyi klik. Untuk membukanya, sebuah penanda berupa lubang kecil yang harus ditekan sambil memutar hopper. 

Clamping Lever & Shaker Tray. SClamping lever cukup kuat menjepit kemasan kopi saat kami operasikan, tapi kami sarankan untuk selalu memegangnya bila menggiling kopi dalam jumlah yang banyak (lebih dari 500 gram). Sedangkan shaker didesain cukup kuat bergetar agar distribusi kopi dalam kemasan merata.

Grind Adjustment Knob. Sekarang Tanzania siap digunakan setelah Anda menyambungkan listrik ke power outlet dan komponen utama yang harus selalu diperhatikan adalah Grind Adjustment Knob dengan indikator angka 1 hingga 9. Semakin kecil angka, semakin halus hasil gilingnya dan demikian pula sebaliknya. Tanzania mampu menggiling dengan ukuran powder untuk Turkish hingga yang paling kasar.

Kecepatan per menit. Tergantung setting yang digunakan, tapi untuk espresso yang cukup halus Tanzania bisa menggiling hingga 500 gram per menit hingga maksimal hampir mecapai 1 kg untuk grind size French Press,

Tanzania merupakan salah satu favorit shop grinder yang kami gunakan bila ingin menggiling kopi dalam jumlah besar dengan kecepatan giling hingga . Tentu bisa digunakan untuk espresso walau bukan peruntukannya karena ketiadaan pegangan untuk portafilter.

Penjelasan lain yang tidak didapatkan di sini bisa langsung menghubungi layanan pelanggan di workshop kami yang beralamat di :

Jl. Iskandarsyah II No. 4
Melawai, Jakarta Selatan
T: (021) 726 8586
Mobile: Melia (+62 8787 676 7839)

By |2019-03-27T03:18:28+00:00March 26th, 2019|Uncategorized|0 Comments

Leave A Comment